Resep Batagor Sederhana Dan Enak Asli Bandung

10:07 PM


Cara Membuat Batagor Bandung Yang Enak Dan Renyah - Batagor biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di pinggir jalan atau yang biasa lewat di kota-kota kita. Namun batagornya tidak ada yang seenak bandung! Huhuhu.




Rata-rata isi dari batagor sendiri menggunakan sedikit ikan atau bahkan pernah saya memakan batagor tanpa isi ikan. Memang sih rasanya lumayan, tapi kurang greget kalau tidak ada isinya. Masa sih kita harus rela-rela ke bandung hanya untuk membeli batagor? :'(




Dan kali ini saya akan membagikan resep batagor bandung asli seperti di kota bandungnya. Di sini saya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Harus dicoba nih!. Yah setidaknya lumayan memenuhi hasrat saya memakan batagor :D.



Resepi Batagor Enak Dan Mudah Khas Bandung


Ilustrasi Gambar Resepi Batagor Enak Dan Mudah Khas Bandung





Sejarah Asal Usul Mula Batagor



Bandung yang terkenal sebagai pelopor batagor ini banyak mempunyai tempat di hati para penggemarnya. Jika kita sedang jalan-jalan ke kota bandung, cobain deh mampir ke tempat kuliner batagor. Yang paling terkenal batagornya adalah "Batagor Riri" yang sangat ramai pengunjungnya. Rasanya? Dijamin tidak mengecewakan!.




Nama batagor awalya singkatan dari kata "Bakso Tahu Goreng" yang kala waktu itu merupakan makanan tradisional khas bandung. Mengenai asal mula terciptanya batagor ini banyak sekali versi ceritanya. Akan tetapi saya akan membahas satu cerita saja ya.




Pada tahun 1973, ada seorang pemuda bernama Ihsan yang saat itu adalah tukang penjual bakso keliling. Ia biasa berjualan keliling di seputaran jalan Kopo, Bandung. Yang namanya berjualan, pastinya kita mengenal sepi dan ramainya pembeli.




Saat itu, pembeli yang datang membeli bakso Ihsan ini tak kunjung tiba, hingga mengakibatkan bakso yang ia jajakan menurun alias kurang laris. Sebelum bakso dan tahunya menjadi basi, ia berfikir keras bagaimanakah caranya membuat bakso dan tahu terjual kembali. Sehingga ia tetap menghasilkan uang dan penjualannya tidak menjadi defisit.





Sejarah Asal Usul Mula Batagor


 Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Mula Batagor





Muncul sebuah ide bahwa bakso dan tahu harus digoreng, kemudian dibagikanlah kepada tetangganya. Ternyata, respon yang diterima cukup baik dan tetangganya meminta membuatkannya lagi. Melihat responnya, Ihsan mulai menjajakan bakso tahu goreng bersamaan dengan bakso yang biasa ia jual. Alhasil, bakso tahu goreng tersebut menghasilkan banyak peminat yang membeli.




Melihat peluang usahanya cukup besar, maka ia mengembangkan bakso tahu goreng dengan menambahkan aroma ikan tenggiri dengan sambal khusus. Akhirnya masyarakat sekitar menyingkat nama makanan tersebut menjadi "Batagor".




Hingga kini banyak pedagang yang menirunya, terutama pada daerah asalnya, Bandung. Rasanya yang enak, gurih, dan renyah tanpa bahan pengawet :-).





Bahan yang diperlukan dalam membuat Resepi Batagor Asli Bandung Yang Enak Dan Renyah


  • 250 gram ikan fillet tenggiri (giling/haluskan)

  • 15 lembar kulit pangsit (bisa beli yang sudah jadi)



Bumbu yang dihaluskan dalam membuat batagor sederhana spesial bandung


  • 2 sdm bawang putih (iris halus)



Bumbu kacang untuk pelengkap batagor bandung asli yang enak dan mudah


  • 2 sdm cabai merah (iris halus)

  • 1 sdm bawang putih (iris halus)

  • 100 gram kacang goreng (haluskan)



Cara membuat batagor sederhana yang enak dan renyah asli bandung


Share this :

Previous
Next Post »