Resep Daging Sapi Cah Kailan Enak dan Lezat

10:06 PM


Resepi Daging Sapi Cah Kailan Enak dan Lezat. Ladies apakah anda sudah pernah menjadikan sayur kailan ini sebagai bahan masakan anda? Jika belum, Anda patut mencobanya. Secara fisik, kailan mirip dengan caisim, karena memang masih satu jenis sayuran brassica.

Kailan adalah salah satu dari aneka sayur yang sering digunakan pada berbagai macam chinese food. Sayuran yang termasuk dalam golongan brokoli dan kembang kol ini kaya akan vitamin A yang tentunya baik untuk penglihatan kita Ladies ^_^.




Resepi Daging Sapi Cah Kailan Enak dan Lezat


Ilustrasi Gambar Resepi Daging Sapi Cah Kailan



Mengenal sayur kailan, latar belakang dan asal usul kalian



Jika kita mampir ke restoran china yang sudah masuk kategori halal, biasanya jenis sayurnya rata-rata menggunakan sayur kailan. Seperti restoran terkenal Imperial Kitchen & Dimsum, biasanya jika saya memesan jenis cah, pasti yang digunakan adalah kailan.




Jika saya perhatikan lebih dekat, daunnya tebal, datar, berwarna hijau serta batangnya yang tebal, mengkilap, dan mempunyai sejumlah kepala bunga tapi berukuran kecil




Kailan ini sebenarnya termasuk sayuran yang baru hadir di Indonesia, meskipun begitu entah kenapa saya begitu suka dengan kailan ini :-), mungkin bisa jadi kalian salah satu penggemar kailan juga kah?





Gambar Mengenal sayur kailan, latar belakang dan asal usul kailan


Gambar Mengenal sayur kailan, latar belakang dan asal usul kailan





Dalam menu chinese food, sayur ini merupakan bahan utama, terutama dalam masakan kanton. Kata "kailan" sendiri berasal dari bahasa kanton. Dalam bahasa mandarinnya disebut "Gailan". Sedangkan dalam bahasa inggrisnya disebut Chinese broccoli atau Chinese kale. Sayuran ini sangat terkenal di China daratan lho. 




Kalian juga tumbuh di daerah pegunungan daratan China. Kalian tumbuh subur pada suhu 18 - 23 derajat Celcius. Saat kalian tumbuh muda, tanaman ini selain menyukai hujan yang banyak, ia juga menyukai matahari yang terik. Sangat mudah untuk merawatnya.




Waktu dimana harus panen lebih relatif pendek, antara 50 - 70 hari. Biasanya kalian dipanen pada pagi hari sebelum matahari terbit agar rasanya lebih renyah dan banyak mengandung air. Sehingga tak heran jika saya banyak menemukan kalian ini di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern.





Oleh sebab itu masakan ini dikategorikan ke dalam resep masakan sehat dan berlabel halal hehe. Dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu saus tiram dan bawang putih serta bahan campuran daging sapi , kuliner ini pasti bakal menjadi sebuah masakan istimewa yang memiliki cita rasa lezat. Hmm mantaaap.. :-)



Langsung saja yuuk kita menuju ke dapur untuk memasak menu ini, simak resepnya..




Bahan yang diperlukan untuk membuat Resepi Daging Sapi Cah Kailan Nikmat :



  • 1/2 kg daging has sapi

  • 1 kg sayur kailan

  • 1/4 kg jamur merang

  • 2 sendok makan sagu

  • 5 sendok makan minyak

  • 3 sendok makan saus tiram

  • 1 sendok makan mayu

  • 1 sendok teh garam

  • 1 sendok teh vetsin

  • 1 sendok teh gula

  • 1 sendok teh merica

  • 1/4 sendok teh soda kue

  • 2 siung bawang putih

  • 1 ruas jari jahe



Cara Membuat Daging Sapi Cah Kailan Super Lezat :



  1. Sayur kailan dipotong sepanjang 5 cm, lalu direbus dengan air yang telah dicampur dengan 2 sendok makan minyak goreng. Setelah mendidih, diangkat dan tiriskan.

  2. Daging dipotong tipis-tipis, lalu diberi garam, merica, sagu, dan soda kue. Diaduk rata kemudian digoreng hingga berwarna kekuningan.

  3. Panaskan minyak di wajan. Tumis bawang putih dan jahe hingga kuning, kemudian masukkan mayu, saus tiram, garam, vetsin da gula. Aduk hingga rata.

  4. Kemudian masukkan jamur merang dan daging sapi yang telah digoreng. Sebentar kemudian masukkan sayur kailan sambil diberi sedikit airResepi Daging Sapi Cah Kailan Enak dan Lezat

  5. Sesudah empuk dapat diangkat dan dihidangkan.



Daging Sapi Cah Kailan siap untuk disantap. Akan sangat pas jika anda sajikan dengan sepiring nasi putih hangat. Selamat Mencoba Ladies :-)






Manfaat dan Fungsi Sayur Kailan Untuk Kesehatan :




Kailan merupakan sayur berdaun tebal, datar, mengkilap, berwarna hijau dengan batang tebal dan sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil mirip dengan bunga pada brokoli.

Dan ladies tau tidak kalau ternyata kailan ini menjadi salah satu sayuran favorit hampir setiap orang tapi saya belum pernah memakannya hehe :D



Dengan cirinya yang berwarna hijau, kailan mempunyai banyak manfaat. Di antaranya adalah





Manfaat dan Fungsi Sayur Kailan Untuk Kesehatan


Gambar Manfaat dan Fungsi Sayur Kailan Untuk Kesehatan




  • Sumber vitamin K yang sangat baik untuk membantu proses pembekuan darah. Konsumsi 100 gram kailan dapat memenuhi 141 persen kebutuhan tubuh akan vitamin K setiap hari. 


  • Masalah penuaan biasanya menjadi masalah yang pelik bagi ladies hehe namun tak usah kawatir karena manfaat yang terkandung dari kailan ini salah satunya adalah sebagai pasokan antioksidan betakaroten dan vitamin C untuk melawan penyakit degeneratif atau penuaan.


  • Kailan banyak mengandung vitamin A dan K, juga terdapat senyawa lutein dan zeaksantin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata, kulit yang sehat, dan daya tahan tubuh melawan infeksi. Sangat baik jika ladies mengkonsumsi kailan ini :-)


  • Kandungan karotenoid atau zat pigmennya menjadikan sayuran berdaun hijau ini sebagai makanan yang paling ampuh untuk melawan kanker.

  • Kailan juga berfungsi sebagai sumber zat besi yang baik untuk tubuh kita.








Resepi Terkait Mengenai Resepi Daging Sapi Cah Kailan Mudah dan Enak










Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Daging Sapi Cah Kailan Super Lezat






Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resepi Daging Sapi Cah Kailan Enak Lezat dan Istimewa disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar ResepiiMasakan.info bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!




Gambar : restosarirasa.com, necturajuice.com, friedas.com || Resepi: buku


Share this :

Previous
Next Post »