Resep Ongol - Ongol Hunkwe Kenyal, Gurih dan Enak

10:11 PM


Resepi Ongol - Ongol Hunkwe Kenyal dan Enak. Ongol-ongol merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia. Makanan  yang satu ini mempunyai tekstur yang kenyal. Ditambah dengan gurihnya kelapa parut yang menjadi bahan taburannya, weeenakk lhoo karena saya sudah pernah memakannya dan sekarang giliran kalian yaa hehe.

Proses pembuatan ongol-ongol ini cukup mudah, bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan jajanan jaman dulu, bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat, Kalian bisa membelinya di toko-toko kue.



Resepi Ongol - Ongol Hunkwe Kenyal, Gurih dan Enak


Ilustrasi Gambar Ongol - Ongol Hunkwe Enak



Sejarah Asal Usul Mula Ongol - Ongol



Ongol-Ongol merupakan salah satu makanan ringan tradisional di Daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahannya sendiri terdiri dari tepung sagu aren kering, gula jawa, air, garam, daun pandan dan kelapa. Seperti yang kalian lihat, pohon sagu banyak kita jumpai di belahan negara asia tenggara (ASEAN). Di Indonesia sendiri, tanaman pohon sagu ada di sebagian besar daerah papua, sumatra, jawa barat, dan kepulauan maluku.

Tapi beberapa bagian daerah menganggap sagu sebagai makanan pokok utama mereka. Dengan ketersediaan bahan baku asli (sagu) didaerah jawa barat, mulailah masyarakat sekitar membuat ongol-ongol. Kini jenis ongol-ongol beragam rasa dari segi tepungnya. Ada yang menggunakan tepung sagu dan ada juga yang menggunakan tepung hunkwe.




Sejarah Asal Usul Mula Ongol-Ongol


 Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Mula Ongol-Ongol



Cara membuat ongol-ongol ini ada bermacam-macam. Ada yang menggunakan tepung sagu, tepung hunkwe, dan ada juga yang menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya. Namun untuk kali ini, kalian bisa belajar cara membuat ongol-ongol dari hunkwe. Bagaimana sih cara membuatnya? yuk simak resepnya..




Bahan yang diperlukan dalam membuat Resepi Ongol - Ongol Hunkwe Enak dan Gurih :


  • 1 bungkus tepung hunkwe 



  1. Kelapa dan garam dikukus selama 15 menit. Aduk hingga rata. Bagi 2 adonan. Satu bagian ditaburkan di dasar loyang 18 x 18 x 4 cm. SisihkanResepi Ongol - Ongol Hunkwe Kenyal, Gurih dan Enak

  2. Rebus gula pasir, gula merah, garam, dan air hingga larut, kemudian saring. Dinginkan sebentar.

  3. Tuangkan ke dalam tepung hunkwe. Aduk sampai rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup.

  4. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam loyang. Beri taburan kelapa parut . Tekan – tekan, biarkan dingin dan memadat . Lalu potong – potong sesuai selera. Sajikan.


Untuk 12 potong




Selamat mencicipi yaa, dan selamat mencoba membuat Ongol - Ongol Hunkwe ini :-)



Manfaat Dan Fungsi Tepung Hunkwe Bagi Kesehatan Tubuh



Tepung hunkwe merupakan tepung yang terbuat dari kacang hijau. Tepung ini berwarna
putih dan biasanya dikemas dengan kertas berbentuk silender sekitar 18
cm. Biasanya tepung ini diolah menjadi kue pisang, puding, dan cendol. Jika dimasak, tepung ini akan mengeluarkan aroma yang cukup harum dan berwarna bening. Teksturnya sangat kenyal seperti tepung pada umumnya. Karena aroma yang cukup unik inilah, cukup sulit jika dalam proses pembuatan harus diganti dengan tepung lain. Walaupun diganti, tetap saja hasilnya akan sedikit berbeda dari yang seharusnya.


Share this :

Previous
Next Post »