Resep Tumis Genjer Bumbu Kencur Sederhana

10:18 PM

Resepi Tumis Genjer Bumbu Kencur Sederhana - Saat ini mungkin masih ada yang belum tau apa itu genjer, karena jaman sekarang ini genjer sudah mulai terlupakan. Genjer merupakan tanaman yang tumbuh di rawa atau kolam berlumpur yang banyak airnya.

Genjer ini bertekstur kenyal ketika sudah dimasak, dan memiliki banyak manfaat, diantaranya meremajakan sel-sel tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker dan masih banyak lagi. Biasanya genjer ini dimasak dengan cara ditumis, apalagi kalo pedas, hmm... dijamin laziiis..!!!






Mengenal Lebih Jauh Tentang Genjer



Tanaman dengan nama ilmiah "Limnocharis Flava" merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang tumbuh liar di sekitar persawahan. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang terlapisi oleh lilin dan batang yang berongga. Sebenarnya, tanaman ini bisa menjadi gulma yang berbahaya di daerah persawahan jika tidak diawasi. Jika semakin banyak gulma yang tumbuh di daerah persawahan, maka semakin besar terjadinya perebutan makanan yang terjadi diantara tanaman padi dan genjer.




Genjer hidup selama satu tahun dan selalu berbunga sepanjang tahunnya. Banyak yang melakukan budidaya tanaman genjer baik dengan cara generatif maupun vegetatif. Genjer juga termasuk salah satu jenis tanaman hortikultura. Jadi genjer juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur-mayur.





Mengenal Lebih Jauh Tentang Genjer


 Mengenal Lebih Jauh Tentang Genjer





Dahulu, tanaman genjer ini merupakan simbol orang miskin. Pada zaman pendudukan Jepang di tahun 1942-1945, krisis pangan melanda di wilayah Jepang, kemudian genjer menjadi acuan alternatif bahan pokok makanan.




Sekarang genjer tidak hanya dinikmati oleh golongan bawah saja, namun sudah bisa kita nikmati dan dijumpai di berbagai restoran-restoran elit yang menyajikan. Rasanya sangat lezat dan mempunyai gizi yang tinggi. Berdasarkan pendapat dari berbagai penelitia ilmiah, mereka mengatakan bahwa daun tanaman yang katanya berasal dari Amerika ini, sangat baik untuk organ pencernaan manusia. Hal ini dikarenakan genjer memiliki kandungan serat yang tinggi.




Nah apakah kalian sudah membayangkan bagaimana cita rasanya dari sayur genjer ini? Berikut ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan serta cara membuatnya yang sudah kami ujicobakan di dapur ResepiiMasakan.info. Selamat mencoba :-).



Share this :

Previous
Next Post »